Tutorial Cara Install Xampp di Linux Ubuntu

by 16.42 0 komentar
Linux adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan dikalangan developer, selain lisensinya yang gratis dan banyak aplikasi opensource yang membantu developer dalam mengerjakan projectnya. Secara umum linux itu terbagi menjadi beberapa distro/ keturunan linux seperti ubuntu ,debian , open suse dan lain lain. dan xampp adalah salah satu paket webserver yang mendukung untuk 3 operasi yaitu windows, linux dan macOS.
Cara install xampp di linux dan windows itu berbeda karna di linux instalasinya tidak hanya dengan double click melainkan dengan cara lainya, bisa secara online dan secara offline, pada tutorial kali ini kita akan coba menggunakan terminal untuk melakukan modifikasi hak akses pada file xampp yang akan kita install
xampp linux ubuntu

Berikut ini cara instalasi xampp di linux ubuntu:
  1. Download xampp terbaru disini
  2. Buka terminal linux ( alt +t )
  3. Berikan akses eksekusi dengan perintah sudo chmod +x namafile.run
  4. Ekseskusi file dengan cara sudo ./namafile.run dan akan tampil proses instalasi
  5. Ikutin tahap tahap instalasi dan tunggu sampai proses instalasi selesai
install xampp linux
Jika instalasi selesai, untuk directori projectnya juga sedikit berbeda, jika di windows direktorinya terletak di C:xampp/htdocs maka di linux terdapat pada direktori /opt/lampp/htdocs. untuk dapat mengakses project anda juga harus memberikan perintah chmod 777 pada folder project anda.
Jika anda masih bingung mengikuti penjelasan diatas ada baiknya anda melihat video instalasi xampp di linux berikut ini
Sekian
Semoga tutorial ini membantu teman-teman developer php yang baru migrasi ke dunia linux.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar